Pernikahan dan Kerajaan Kuno

Beberapa bulan yang lalu saya melihat daftar 41 Situs Warisan Dunia Tiongkok yang mencakup tempat-tempat wisata populer seperti Kuil Surga dan Istana Musim Panas. Saya terkejut melihat bahwa sebagian besar tempat yang menjadi tujuan wisata belum pernah saya kunjungi dan banyak yang belum pernah saya dengar. Saya memutuskan pada saat itu untuk menjelajahi sebagian besar situs ini secepatnya dimulai dengan sebuah situs di kota terdekat Jian yang disebut “Ibukota dan Makam Kerajaan Koguryo Kuno”.

Tuhan pasti tersenyum pada orang bodoh, pemabuk dan pengelana karena sekitar 3 minggu yang lalu seorang teman baik saya mengundang saya kembali ke negaranya bersama istrinya untuk menghadiri pernikahan mereka. Dimana kampung halamannya? Kota Jian. Nyatanya, saya akan menerima undangannya terlepas dari kampung halamannya!

Sedikit informasi tentang “Ibukota dan Makam Kerajaan Koguryo Kuno”.

Dari 37 SM hingga 668 M, ada sebuah Kerajaan bernama Koguryo yang wilayahnya meliputi Manchuria tengah dan selatan saat ini serta Korea tengah dan utara. Pendiri Koguryo diyakini sebagai pengungsi dari Korea dan orang-orang dari suku dan kelompok etnis setempat.

Melalui kontak dengan Dinasti Han Tiongkok dan kemudian Dinasti Wei, aliansi, dan perang, Kekaisaran Koguryo mencapai puncaknya sekitar tahun 450 dan menguasai seperempat Semenanjung Korea dan Manchuria di Tiongkok. Perang internal dan persaingan antara Dinasti Sui dan Tang melemahkan Kekaisaran dan akhirnya dihancurkan oleh aliansi antara Dinasti Tang dan Silla, Kekaisaran Korea di Koguryo selatan.

Peninggalan Kekaisaran Koguryo mencakup 40 makam dan sisa-sisa dua ibu kota di Jian.

Pernikahan

Pernikahan itu sukses. Pengantin wanitanya cantik, pengantin prianya tampan, jenis kelaminnya, pidatonya yang emosional dan dalam, makanannya yang enak dan alkoholnya yang kental. Tidak ada tamu yang minum terlalu banyak bai jiu (anggur putih Tiongkok terkuat) dan buang air besar di depan umum, muntah di luar restoran, atau bertingkah laku tidak pantas dengan tamu pria lainnya.

Satu-satunya hal yang salah dengan pernikahan itu adalah tidak ada ciuman, pelukan, atau tampilan kasih sayang lainnya di antara pasangan tersebut. Pernikahan tradisional Cina yang sangat bisnis dan praktis.

Kunjungi kuburan dan reruntuhan

Setelah pernikahan, saya bebas keesokan harinya untuk melihat kuburan dan reruntuhannya. Berbicara dengan beberapa tamu pernikahan yang tinggal di Jian, saya menemukan bahwa hanya ada dua tempat untuk dikunjungi. Itu adalah reruntuhan kota kuno di barat laut Jian dan Makam Jenderal di timur laut.

Setiap orang yang saya ajak bicara terkejut bahwa saya secara aktif mengunjungi situs-situs ini dan memberi tahu saya bahwa situs-situs itu tidak istimewa. Cukup adil. Orang yang berbeda menyukai hal yang berbeda dan tidak semua orang memiliki petualangan.

Memiliki tiket pulang dengan bus yang meninggalkan Jian pada pukul 15:00 sore itu yang menyisakan 4-5 jam untuk melihat kedua lokasi tersebut. Ada cukup waktu jika saya langsung dari tempat kedua ke stasiun. Dengan nama-nama situs yang ditulis dalam bahasa Mandarin di selembar kertas dan perkiraan kasar tarif taksi yang masuk akal, saya memilih tempat pertama, Makam Para Jenderal atau Pemakaman Jiangjunfen.

Makam Jenderal

Setelah 3 kali mencoba, saya menemukan seorang sopir taksi yang senang dengan tarif taksi 10 rmb dan pergi untuk melihat bagian pertama dari Warisan Dunia Jian. Pemakaman tidak memakan waktu lama dan ketika saya sampai di sana, sopir taksi bertanya apakah saya ingin dia menunggu saya. Terima kasih tapi tidak, terima kasih, butuh satu atau dua jam untuk melihat situs ini. Membayar 30rmb untuk tiket di pintu masuk situs dan menyusuri jalur yang ditandai dengan jelas dan dilalui dengan baik.

Ini adalah pertama kalinya saya melihat makam Cina dengan struktur seperti ini dan saya kagum dengan ukurannya. Tangga batu makam yang miring mengingatkan saya pada Piramida Aztec yang lebih kecil. Sangat mudah untuk melihat bahwa arsitektur makam tidak dipengaruhi oleh Han, kelompok etnis terbesar di China.

Makam tersebut diyakini sebagai makam Raja Gwanggaeto atau putranya Raja Jangsu. Makam ini terbuat dari 1.100 batu dengan lebar 75 meter di satu sisi dan tinggi 11 meter.

Tidak ada pintu masuk ke makam jadi setelah beberapa putaran sudah waktunya untuk melanjutkan. Perhentian berikutnya adalah kuburan nomor satu yang lebih rendah. Ini adalah makam keluarga kerajaan Koguro. Ukurannya tidak sama dengan Makam Jenderal, tapi mengesankan. Makam tersebut memiliki struktur yang sangat mendasar dan terdiri dari sebuah ruangan yang dikelilingi oleh 3 buah batu besar, ditutup oleh sebuah batu besar dan terhalang oleh batu besar lainnya yang kemudian dipindahkan.

Itu dia. Tidak banyak yang bisa dilihat atau dilakukan di situs ini selain menelusuri toko suvenir wajib di dekat pintu masuk situs. Perhentian berikutnya adalah reruntuhan kota kuno.

Siva disembunyikan

Menangkap bus kembali ke kota Jian kemudian menegosiasikan taksi 10 rmb lainnya ke lokasi reruntuhan.

Di kantor tiket dan pintu masuk ke situs, ada dua cara untuk pergi. Satu jalan mengarah ke bukit dan mengarah ke gerbang kota selatan. Jalan lainnya mengarah ke lapangan yang penuh dengan gundukan (kuburan kuno) yang terlihat jelas dari jalan. Gundukan itu tidak terlalu mengesankan jadi saya menuju ke kota yang hancur.

Jalan itu melewati reruntuhan tembok kota di sebelah barat dan berakhir di sebuah platform yang menghadap ke sebuah bangunan kecil yang disebut menara pengawas. Tidak ada kota yang hancur jadi saya mundur untuk melihat apakah ada tikungan dan belokan. TIDAK. Tidak ada tikungan atau belokan. Satu-satunya jalan dari kantor tiket ke platform tontonan. Dia bertemu dengan sekelompok turis Korea dengan seorang pemandu wisata dan mengikuti mereka untuk melihat apakah mereka tahu jalan ke kota yang hancur itu. TIDAK. Mereka naik ke atas panggung seperti saya.

Kota yang hancur pasti ada di sana, jadi saya kembali ke kantor tiket dan berbicara dengan salah satu pemandu di sana menanyakan di mana kota yang hancur itu. Dia membawa saya ke kantor ke sebuah ruangan dengan peta dan informasi dasar di situs (semuanya dalam bahasa Cina) dan menjelaskan bahwa tidak ada kota yang hancur untuk dilihat. Semua tanah di sekitarnya telah dibudidayakan secara besar-besaran dan semua reruntuhan di atas tanah secara bertahap telah dipindahkan dan digunakan oleh penduduk dan petani setempat selama 1300 tahun terakhir.

Tumpukan batu

Ladang berisi 40 kuburan adalah yang tersisa dari situs tersebut. Tanahnya indah, karena ada ladang kuburan yang dikelilingi perbukitan hijau subur. Itu sangat bagus. Saya berharap bisa mengatakan hal yang sama tentang kuburan. Kuburan itu dipenuhi rerumputan atau tumpukan batu. Ini sangat sederhana, sederhana dan tidak menarik dan tentu saja bukan yang Anda harapkan dari situs warisan dunia.

Saya membaca ulasan online sebelum pergi ke Jian di mana turis asing ke situs tersebut menyebut makam itu sebagai tumpukan batu. Saat itu saya hanya menganggap dia terlalu keras dan kurang menghargai. Setelah melihat kuburan, saya harus mengatakan saya setuju dengannya. Hanya tiga hal yang bisa dilihat. Tembok yang hancur, menara pengawas yang telah dipugar sebagian dan ladang dengan kuburan, gundukan atau puncak bukit.

Kembali ke Rumah

Butuh waktu kurang dari 2 jam untuk menjelajahi dan menjelajahi kedua situs, Makam Jenderal dan kota serta kuburan yang hancur. Dengan tidak ada lagi yang harus dilakukan, saya pergi ke stasiun bus di mana saya memiliki waktu tiga jam untuk merenungkan apa yang membuat sebuah situs layak ditambahkan ke daftar situs warisan dunia. Cuacanya luar biasa. Saya sangat menikmati pergi keluar dan mengunjungi tempat-tempat ini, tetapi saya mengharapkan lebih dari situs warisan dunia.

Beberapa situs warisan dunia seperti Tembok Besar dan Kota Terlarang layak dikunjungi di belahan dunia lain. Situs lain seperti “Ibukota dan Makam Kerajaan Koguryo Kuno” bagus untuk dilihat jika Anda berada di area tersebut, tetapi saya tidak akan merekomendasikan pergi jauh untuk melihatnya.